Tahap-tahap Pengembangan Korporasi Transnasional

Ezra Roma
12215314
Genap
4EA26

1.      Tahap Satu, Domestik
·         Domestik dalam fokus, visi, dan operasi
·         Fokus pada pasar domestik, pemasok domestik, dan pesaing domestik
·         Pegamatan lingkungan bersifat lokal
·         “Bila tidak terjadi di negara ini, hal itu tidak akan terjadi” à Titanic Syndrom
·         Keputusan yang disadari
·         Dapat berkembang menjadi tahap kedua perusahaan à variasi masuk pasar, produk, teknologi baru bkn penetrasi pasar internasional

2.      Tahap Dua, Internasional
·         Memperluas pemasaran, pabrik, dan kegiatan lain di luar negeri
·         Tetap etnosentris (home country orientated)
·         Pengelompokan ke dalam divisi internasional
·         Strategy of ‘extension’ à fokus pada perluasan baruan pemasaran dalam negeri dan model bisnis
·         Global development always begins in stage two
·         “Merupakan kesalahan untuk mencoba secara simultan melkukan variasi ke dalam pelanggan baru dan pasar produk/teknologi baru”

3.      Tahap Tiga, Multinasional
·         Menemukan bhw pasar yang berbeda memerlukan beberapa penyesuaian/adaptasi
1. Pertama kali Toyota memasuki pasar US thn 1957 sbg Toyopet
2. “overpriced, underpowered, built like tanks”
·         Tidak ada kata gagal, yg ada hanya “learning”
·         Fokus multidomestik
·         Orientasi polisentrik
·         Menyesuaikan bauran pemasaran domestik agar cocok dgn pilihan dan kebiasaan pasar internasional

4.      Tahap Empat, Global
·         Strategi pemasaran global atau sourcing strategy
·         Focus globally and supply from domestic market
-          Harley Davidson (perusahaan pemasaran global)
Dirancang dan diproduksi di US, investasi di LN hanya pemasaran à pasar dunia dijadikan pasar sasaran
·         Supply domestic market from global sources
-          Gap (perusahaan dgn pemasok global)
Mencari pemasok produk di seluruh dunia tanpa mencoba utk membuat global
semua fungsi organisasi kunci
·         Memenangkan strategi bila perusahaan dpt menciptakan keunggulan bersaing dgn membatasi globalisasi dari rntai nilai à harus memahami keterbatasan dari keunggulan bersaing (not too ambitious!)

5.      Tahap Lima, Transnasional
·         Penjualan, investasi dan operasi berada di banyak negara
·         Perusahaan dunia terpaduu yang menghubungkan global markets dan global supplies
·         Geosentris  - mengakui adanya persamaan dan perbedaan dan mengadopsi pandangan dunia à Think globally act locally
·         Mengadopsi strategi global à menambah nilai
·         Aset kunci: tersebar, saling tergantung, terspesialisasi. Co: R&D
·         Co: Caterpillar – memproduksi dan merakit di berbagai Negara
-          Komponen dr berbagai negara dikirimkan ke tempat perakitan untuk kemudian  
  
dikirimkan ke pelanggan di pasar dunia
·         Pengalaman dan pengetahuan disebarkan ke seluruh dunia
-           Colgate: riset kamera video konsumen “Dishwashing in France”
·         Menyaring atau mengumpulkan informasi
·         ‘grow or die’ – aspirasi bersifat global
·         Fungsi kunci terpadu dengan dasar global (pemasaran, keuangan, R&D dsb)
·         Menyesuaikan produk dan bauran pemasaran jika perlu
-          Mercedes Benz
·         Kreasi
-          Sony Walkman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etika Bisnis dalam Pasar Persaingan Sempurna

KOPERASI SEBAGAI SOKO GURU PEREKONOMIAN BANGSA INDONESIA

Review Makan Baso Aci Asin Lada Haseum, Pedesnya Nampol!