REVIEW BUKU ILMU BUDAYA DASAR


NAMA    :     EZRA ROMA
NPM       :     12215314
KELAS   :     1EA31

DEFINISI ILMU BUDAYA DASAR

Secara sederhana Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan , dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep - konsep yang dikembangkan , untuk mengkaji masalah-masalah dalam kebudayaan .
Istilah IBD dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris " The Humanities " .  Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa Latin Humanus yang bisa diartikan manusiawi , berbudaya dan halus ( fefined ) . Dengan mempelajari The Humanities diharapkan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi , lebih berbudaya dan lebih halus . Selain itu bisa dikatakan bahwa The Humanities berkaitan dengan masalah nilai-nilai , yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya . Agar manusia bisa menjadi humanus , mereka harus mempelajari ilmu yaitu " The Humanities " dan tidak meninggalkan tanggung jawabnya yang lain sebagai manusia itu sendiri .

Maka dari itu , Ilmu Budaya Dasar ( Basic Humanities ) sebagai satu matakuliah yang tidak hanya identik dengan The Humanities ( Pengetahuan Budaya ) . Karena Pengetahuan Budaya ( The Humanities ) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian cabang ilmu ( disiplin ) seni dan filsafat . Keahlian ini pun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang keahlian lain , seperti seni sastra , seni tari , seni musik , seni rupa dan lain-lain .
Sedangkan Ilmu Budaya Dasar ( Basic Humanities ) sebagaimana dikemukakan di atas , adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep - konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan . Masalah - masalah ini dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( The Humanities ), baik secara gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya ataupun dengan menggunakan masing-masing keahlian di dalam pengetahuan budaya ( The Humanities ) .


TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR

Didalam masyarakat yang perubahannya semakin cepat dan rumit ini , mahasiswa akan dapat pengalaman dalam pergeseran cara berpikirnya yang lebih maju terhadap nilai-nilai yang mungkin sekali dapat membuatnya masa bodoh atau putus asa . Sikap putus asa tersebut tidak selayaknya dimiliki oleh seorang terpelajar /­ berpendidikan . Bagaimanapun juga , mahasiswa adalah orang - orang muda yang sedang mempelajari cara memberikan tanggapan dan penilaian terhadap apa saja yang terjadi atas dirinya sendiri dan masyarakat disekitarnya .

Sudah tentu ia perlu dibimbing untuk menemukan cara terbaik yang sesuai dengan pemikiran dirinya sendiri tanpa harus mengorbankan masyarakat dan alam sekitarnya . Secara tidak langsung Ilmu Budaya Dasar akan membantu mereka untuk mencapai tujuan - tujuan tersebut .


Berpijak dari hal di atas  , tujuan matakuliah Ilmu Budaya Dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap masalah - masalah budaya , sehingga daya tangkap , persepsi , dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa dapat menjadi lebih halus dan manusiawi .

RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR

Bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditentukan diatas , dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan penimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar , kedua masalah pokok itu ialah : 

1 . Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusian dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya ( The Humanities ) , Baik dari segi masing-masing keahlian ( Disiplin ) , didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan ( Antar Bidang ) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya .
2 . Hakekat manusia yang satu atau universal , akan tetapi sangat beraneka ragam perwujudannya , dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat . Misalnya; perbedaan - perbedaan antara manusia yang satu dengan yang lainnya . Keanekaragaman tersebut terbentuk akibat adanya perbedaan ruang , tempat , waktu , proses adaptasi, keadaan sosial budaya , lingkungan alam , dimana terwujud dalam berbagai bentuk ekspresi , seperti ; ungkapan , pikiran , perasaan , tingkah laku dan hasil kelakuan mereka .
Dalam melihat dan menghadapi lingkungan alam , sosial dan budaya , manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan , akan tetapi juga ketidakseragaman yang diungkapkan secara tidak seragam , sebagaimana yang terlihat ekspresinya dalam berbagai bentuk .

Kedua Pokok masalah tersebut yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD  ( Ilmu Budaya Dasar ) , ialah ; bahwa manusia menepati posisi sentral atau penengah dalam pengkajian ini . Manusia tidak hanya sebagai objek pengkajian , namun juga bagaimana hubungan antara manusia dengan sang pencipta, dengan sesama , dan bagaimana pula hubungan dengan alam . Pokok masalah tersebut menjadi tema penengah dalam IBD ( Ilmu Budaya Dasar
, pokok-pokok bahasa yang akan dikembangkan adalah :
1 . Manusia Dan Cinta Kasih Sayang
Contohnya :
- Kasih sayang
- Kemesraan
- Pemujaan
2 . Manusia Dan Keindahan
Contohnya :
- Renungan
- Kehalusan
3 . Manusia Dan Penderitaan
Contohnya :
- Rasa sakit
- Siksaan
- Kesengsaraan
4 . Manusia Dan Keadilan
Contohnya :
- Kejujuran
- Pemulihan Nama Baik
- Pembalasan
5 . Manusia Dan Pandangan Hidup
Contohnya :
- Cita-Cita
- Kebijakan
6 . Manusia Dan Tanggung Jawab Serta Contohnya :
- Pengabdian
- Kesadaran
- Pengorbanan
7 . Manusia Dan Kegelisahan
Contohnya :
- Keterasingan
- Kesepian
- Ketidakpastian


FENOMENA TERKAIT DENGAN ILMU BUDAYA DASAR

Fenomena yang terkait dengan ilmu budaya dasar bermacam-macam . Contoh kecilnya adalah tawuran . Tawuran sepertinya sudah menjadi bagian dari budaya bangsa Indonesia . Sehingga jika mendengar kata tawuran, sepertinya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi . Hampir setiap minggu dan hampir setiap hari , berita itu menghiasi media massa . Bukan hanya tawuran antar pelajar saja yang menghiasi kolom-kolom media cetak , tetapi tawuran antar polisi dan tentara , antar polisi pamong praja dengan pedagang kaki lima , sungguh menyedihkan . 

Inilah fenomena yang terjadi di masyarakat kita . Tawuran antar pelajar maupun tawuran antar remaja semakin menjadi semenjak terciptanya geng - geng . Perilaku anarki selalu dipertontonkan di tengah-tengah masyarakat . Mereka itu sudah tidak merasa bahwa perbuatan itu sangat tidak terpuji dan bisa mengganggu ketenangan masyarakat . Fenomena tawuran ini juga penyebabnya masalah sering sekali sangat sepele . Namun bagi para pelajar yang masih labil tingkat emosinya bagi mereka masalah yang sepele itu merupakan tantangan bagi mereka .
 

Salah satu akar dari permasalahanya yaitu tingkat kestressan siswa didalam diri anak itu sendiri dan pemahaman agama yang masih rendah . Pemicu tawuran itu bermacam-macam ada yang karena disebabkan dendam dengan rasa  kesetiakawanan yang tinggi para siswa itu akan membalas perlakuan yang disebabkan oleh siswa tersebut . Dan secara tidak langsung perilaku tersebut mencemarkan nama baik pihak yang terkait .


SUMBER REFERENSI
 

Judul buku              :      Ilmu Budaya Dasar
Nama pengarang   :      Widio Nugroho dan Achmad Muchji
Penerbit                   :      Gunadarma
Cetakan                    :      5 
Tahun cetakan        :      1996


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etika Bisnis dalam Pasar Persaingan Sempurna

KOPERASI SEBAGAI SOKO GURU PEREKONOMIAN BANGSA INDONESIA

Review Makan Baso Aci Asin Lada Haseum, Pedesnya Nampol!